Sunday, January 29, 2012

Google Apps Mendominasi Pengalaman Android Di India

NEW DELHI - Riset yang baru-baru ini dilakukan Nielsen menunjukkan bahwa Android adalah sistem operasi yang dominan di India. Bahkan telah dihubungkan dengan lonjakan jumlah pengguna smartphone yang terjadi di sana.

Jadi bagaimana pengguna smartphone India menghabiskan waktu bersama ponsel Android mereka?

Seperti diwartakan The Next Web, Minggu (29/1/2012), menurut Nielsen, 25 persen waktu mereka dihabiskan untuk menggunakan aplikasi kreasi Google, sedangkan 75 persen sisanya digunakan untuk berbagai aplikasi selain ciptaan Google.

Sekira 35 persen waktu pengguna dihabiskan di Android Market, kemudian YouTube masuk di tempat kedua dengan 21 persen, diikuti oleh Gmail, Gtalk dan Google Maps.

Dalam kategori aplikasi, tidak mengherankan bila menemukan bahwa Facebook berada di posisi teratas di antara aplikasi jaringan sosial. Sedangkan Google, seperti yang diharapkan, mendominasi kategori GPS, Video, Email, App Store dan Search.

Kekuatan Android terletak pada kenyataan bahwa hal tersebut sangat erat terintegrasi dengan semua produk Google, sehingga tidak terlalu mengherankan ketika menemukan bahwa di India, pengguna Android cenderung memilih menggunakan aplikasi yang telah disesuaikan dengan sistem operasi tersebut.

Soal waktu yang dihabiskan, aplikasi Google mendominasi tiga dari lima kategori. Google menempati posisi teratas dalam soal search, GPS dan email, yaitu tiga produk online terkuatnya. Sementara YouTube adalah situs video yang paling populer. Sementara itu Google hanya mendapat setengah dari waktu yagn dihabiskan pengguna pada video streaming.

Pada semua kelompok umur, dari kategori 18 ke bawah sampai kategori 36 - 40 tahun, penggunaan aplikasi Google mencapai prosentase antara 30 dan 40 persen, dan turun sampai di bawah 20 persen pada kelompok usia 40 tahun ke atas. (tyo)


Related Posts by Categories

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More